Friday, October 20, 2006

Mau coba buku gratis lewat GOOGLE?

Beberapa waktu yang lalu, saya dapat kiriman tips dari teman yang sangat berguna bagi yang lagi cari bahan untuk nulis-nulis tanpa beli buku baru.
Kalau Saudara ingin membaca sebagian besar isi suatu buku (apa saja) di internet tanpa perlu membelinya, berikut ini cara/trik yang bisa dilakukan. Nanti sebagai contoh, saya akan ambil buku yang temanya dekat dengan bidang saya (keperawatan) yaitu Activities of Daily Living. Saudara silakan memilih topik sesuai dengan bidang masing-masing.

  1. Buka http://books.google.com/ (masih beta version)
  2. Ketik topik/keyword pada search books, misalnya Activities of Daily Living.
  3. Setelah itu muncul banyak buku tentang Activities of Daily Living, saya pilih satu buku yaitu "A Model of Human Occupation: Theory and Application" karya Gary Kielhofner.Klik buku tersebut.
  4. Setelah diklik, muncul page 8 buku tersebut, (karena memuat kata Activities of Daily Living, kata Activities of Daily Living dicetak tebal). Sebagai catatan, untuk buku yang lain belum tentu muncul page 8, bisa pula muncul page lain,tergantung keywords yang kita isi.
  5. Dari page 8 tersebut, biasanya kita hanya bisa mengakses beberapa page sebelum dan setelahnya, terkadang juga diberi batasan restricted area, maklum buku tersebut kan dijual, jadi tidak semua pages bisa diakses.
  6. Trik untuk bisa melihat sebagian besar isi buku adalah sebagai berikut. Klik Table of Contents (di bagian kiri agak sebelah atas), kita akan melihat Table of Contents lengkap. Jika perlu, beri tanda Chapter 1 halaman 1 - 35, Ch 2 halaman 36 - sekian dan seterusnya. Biasanya setiap chapter memiliki header, dan tulisan pada header biasanya sama denganjudul chapter (atau subchapter). Kalau ingin melihat isi Chapter 1(Introduction to the Model of Human Occupation), ketik "Introduction to the Model of Human Occupation" lalu klik Search this book(jangan klik search all books!!).
  7. Setelah itu akan tampak daftar page yang memuat term Introduction to the Model of Human Occupation(khususnya pada Ch 1). Ternyata, saya bisa mengakses semua halaman Chapter 1!!! Kalaupun ada restricted page, harap maklum. Jika diminta untuk loginsebagai member, gunakan saja free-email Saudara seperti yahoo.com.
  8. Langkah yang sama bisa dilakukan untuk Chapter berikutnya. Kita bisa mensave dalam format HTML.Selamat menikmati isi buku dengan gratis.

Selamat menikmati isi buku dengan gratis. Semoga Saudara juga menyumbangkan tips/trik lain yang bermanfaat, agar profesi keperawatan bertambah oke.

Wassalam


0 Comments:

Post a Comment

<< Home